Selasa, 10 Juli 2012

YouTube versi Indonesia membawa berkah bagi Industri musik Tanah Air

YouTube versi Indonesia telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, lalu apa tujuan mereka? Ternyata Google ingin semakin dekat dengan para pemasang iklan dan tentu saja ingin melebarkan sayap bisnisnya di Tanah air tercinta ini.



Adam Smith berujar jika pangsa pasar pemirsa Youtube dari Indonesia sangat besar. 70% pemirsa Youtube sendiri berada di Amerika Serikat dan di Asia, Indonesia salah satu negara penyumbang visitor terbesar.



youtube indonesiaDari sekian miliar video yang ada di YouTube, kami ingin agar video dari Indonesia bisa dengan mudah dicari secara cepat, tidak perlu tercampur-campur dengan pencarian video dari negara lain.



Selain itu pada peluncuran tersebut juga dilakukan perjanjian lisensi antara Youtube dengan para musisi sebagai ajang promosi sekaligus media pencari profit melalui lagu.



“Untuk setiap videoklip yang ditayangkan, Youtube akan membayar ke WAMI untuk kemudian didistribusikan ke artis yang bersangkutan,” terang Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia, pada Kompas.



Youtube versi Indonesia ini juga diharapkan bisa menjadi media untuk meminimalisir video yang diunggah tanpa izin musisi terkait.



Dulu mereka tak bisa komplain sebab belum ada platform. Setelah Youtube melakukan kerjasama dengan WAMI (Wahana Musik Indonesia), aksi ini mungkin bisa dikurangi.



Dengan demikian, maka kehadiran Youtube versi Indonesia memiliki dampak positif bagi kedua belah pihak: Youtube akan memeroleh pemirsa dan konten (lokal) yang lebih kaya serta sumber dana baru dari iklan lokal, serta musisi Indonesia akan diuntungkan dengan sistem lisensi yang diberlakukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar