Jumat, 13 Juli 2012

Di Amerika Android Jadi Raja, BlackBerry dan Symbian Terpuruk

Apa kabar sobat Teknokers? Pagi ini kita akan membahas perkembangan OS Android di dunia khususnya di Amerika sebagai 'tahan kelahiran'  Android. Sebelumnya baca dulu artikel tentang Android versi terbaru yaitu Android v4.0 ICS dan Android v4.1 Jelle Bean beserta kelebihannya masing-masing.



Seperti yang diberitakan oleh situs Suaramerdeka.com, Android semakin merajai pasar OS, seperti terlihat pada hasil riset ComScore. Apple boleh puas berada di urutan kedua. Sementara, dari data yang diperoleh dari sebuah perusahaan analis pasar, kantar Worldpanel ConTech, juga merilis data yang tak kalah menarik.




android versi paling bagus dan stabil, handphone android dan perkembangannya, informasi mengenai OS Android

Untuk pertamakalinya, Android berhasil menguasai penjualan smartphone di sejumlah pasar utama, termasuk AS, Jerman, Britania Raya, Prancis, Italia, Spanyol dan Australia. OS Mobile besutan Google tersebut berhasil mendominasi, setidaknya setengah dari penjualan smartphone.



Prosentase terendah dipegang Italia dengan perolehan angka 49.6% dan posisi tertinggi ditempati Spanyol dengan angka 84.1%. Pengumpulan data dilakukan selama 12 minggu dan berakhir pada 10 Juni lalu.



Dominic Sunebo, direktur ComTech mengungkapkan, peningkatan penjualan Android ini dipicu oleh makin pesatnya teknologi yang dibenamkan pada fitur phone ke smartphone. Bukan lagi sekedar kabar, Android handet telah menyuguhkan kemudahan bagi konsumen meng-upgrade platform. Bahkan, banyak dari konsumen yang menyatakan harga handset dan kemampuan multimedia sebagai alasan pertama mereka beralih ke Android.



Menurut data dari ComTech, konsumen rela menghabiskan uang di bawah $80 untuk perangkat mobile berbasis Android. Sejauh ini, dari data yang diperoleh ComTech, Samsung Galaxy Ace dan Y berada pada angka penjualan yang baik.



Meski telah menguasai 50.2% pasar di AS, Android pernah tercatat mengalami penurunan penjualan sebesar 6.8% tahun lalu. tren ini bertolak belakang dengan peningkatan Apple, yang membawa iPhone 4S serta kehadiran iPhone 4 dan 4S untuk pertamakalinya di Sprint.



Lalu, bagaimana dengan RIM sekarang? Kabarnya, RIM kehilangan pasar mereka dan Symbian bernasib sama, dengan harus puas naik 0.3% di AS dan penurunan serentak di beberapa negara, termasuk penurunan 38.6% di Spanyol.



Tren Android ini sepertinya akan terus berlanjut. Bahkan, ConTech menunjukkan hasil yang luar biasa, OS Google itu terus menguat di pasar.



Lalu bagaimana dengan di Indonesia? sepertinya tak jauh beda, namun di sini masih banyak basis ponsel BlackBerry yang cukup digemari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar